Beberapa Shotcut Yang mungkin dapat membantu anda dalam bermain 3DS MAX
Pertama Yaitu Kita akan Mengenal Apa itu Sortcut Pasti kita telah tau semua kita langsung ajah ke TKP
- Shortcut untuk Tampilan Area Kerja (View Port) dibawah adalah tampilan awal atau default ketika kita membuka Software 3DS MAX yang saya gunakan adalah 3DS MAX 2012 Lihat keterangan gambar
Gambar 1.1
Beberapa Shortcut yang digunakan dalam Software ini bisa dikatakan cukup banyak dan juga kita bisa membuatnya sendiri dan yang sekarang yang akan dibahas adalah Shortcut defaulnya
- Alt + W adalah Shortcut untuk Membuat layar yang kita pilih menjadi berukuran penuh atau sebesar area kerja
Berikut Gambarnya Karena waktu pertama kali kita klik view port adalah perspective ( lihat gambar 1.1) Maka ketika kita tekan Alt + W yang akan berubah tampilanya secara penuh adalah View Port Perspective dan ketika kita tekan Alt + W sekali lagi maka akan seperti semula
Gambar 1.2
- Tombol F maka pada View Port yang aktif akan Mengubah sudut pandang pada Front (Depan)
- Tombol P maka pada View Port yang aktif akan Mengubah sudut pandang pada Perspective
- Tombol T maka pada View Port yang aktif akan Mengubah sudut pandang pada Top (Atas)
- Tombol B maka pada View Port yang aktif akan Mengubah sudut pandang pada Bottom (Bawah)
- Tombol U maka pada View Port yang aktif akan Mengubah sudut pandang pada Orthographick
Berikut beberapa penjelasan Gambarnya
Gambar 1.3
Nah sekarang Shortcut yang digunakan ketika kita akan memulai membuat suatu Object
- Tombol 1 adalah Shortcut untuk object ketika sudah di editable poly dan mengeditnya dalam bentuk vertice atau titik
- Tombol 2 adalah Shortcut untuk object ketika sudah di editable poly dan mengeditnya dalam bentuk edge atau garis
- Tombol 3 adalah Shortcut untuk object ketika sudah di editable poly dan mengeditnya dalam bentuk Border atau lubang
- Tombol 4 adalah Shortcut untuk object ketika sudah di editable poly dan mengeditnya dalam bentuk Poligon atau face
- Tombol 5 adalah Shortcut untuk object ketika sudah di editable poly dan mengeditnya dalam bentuk Element
- Tombol adalah Shortcut untuk kembali llagi keposisi semula yaitu editable Poly
- Alt + klik mouse tengah lalu drag adalah untuk merotate atau melihat object dari berbagai sudut pandang
- C adalah shortcut untuk camera
- F3 adalah Shortcut untuk Wireframe
- F4 adalah Shortcut untuk Edge Face
- G adalah shortcut untuk Gird atau Garis-garis pada View Port
- Spacy untuk Mengelock Toggle
- Alt + X Untuk Membuat object transparan
- Ctrl + X untuk Membuat View Port Full Screen
- H untuk menampilkan Object berdasarkan nama Dalah Shortcut ini akan dibahas di postingan berikutnya Link Menampilkan Object berdasarkan nama